Minggu, 10 Maret 2019


ANGKET POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH
        
A. Petunjuk Mengerjakan
1.  Berilah tanda  ( Ö ) pada salah satu alternatif jawaban yang tertera di kolom di sebelah kanan  dari setiap pernyataan.
2. Kolom terdiri dari 2 (dua) pilihan yaitu YA dan TIDAK

B. Item Angket
No

 

PERNYATAAN

ALTERNATIF JAWABAN
YA
TIDAK

1.


2


3


4

5


6.


7


8


Kepala madrasah menetapkan standar dan prosedur kerja secara rinci dan seragam

Kepala madrasah mengharuskan guru dapat menyelesaikan tugas sesuai target waktu yang ditetapkan

Kepala madrasah memberikan toleransi bagi guru yang menga-baikan tugas pokok di madrasah

Kepala madrasah mendorong guru agar berprestasi

Kepala madrasah beranggapan semua guru sudah tahu kewa-jiban masing-masing tanpa pengarahan.

Kepala madrasah mengharuskan guru dapat mencapai perolehan angka kredit secara maksimal

Kepala madrasah mengharapkan guru dapat naik jabatan fungsi-onal tepat waktu

Kepala madrasah kurang tertarik terhadap kelompok kerja guru







No.

 

PERNYATAAN

ALTERNATIF JAWABAN
YA
TIDAK
9


10


11


12


13


14.


15

16


17

18



19


20


21


22

23


Kepala madrasah berasumsi bahwa semua guru mempunyai ke-mampuan yang sama

Kepala madrasah melakukan analisis konteks dalam menetapkan tujuan madrasah

Kepala madrasah mempercayakan tugas-tugas madrasah pada ke-lompok kerja guru

Kepala madrasah mengabaikan keterlibatan peran komite dalam merumuskan tujuan madrasah

Kepala madrasah memberikan tugas berdasarkan kemampuan dan kewenangan guru

Kepala madrasah jarang mendelegasikan tugas kepada wakil kepala madrasah/guru

Kepala madrasah kurang yakin terhadap kemampuan guru

Kepala madrasah mengijinkan guru menempuh pendidikan lan-jutan

Kepala madrasah mempersulit ijin tugas belajar bagi guru

Kepala madrasah hanya memberikan gambaran umum untuk mengarahkan para guru dalam melaksanakan tugas, untuk detail diserahkan pada guru masing-masing

Kepala madrasah membiarkan para guru mengambil inisiatif dalam pelaksanaan tugas

Kepala madrasah mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan perasaan semua pihak

Kepala madrasah mengambil keputusan secara cepat  tanpa memperdulikan saran dan pendapat guru

Kepala madrasah memiliki toleransi tinggi dalam semua hal

Kepala madrasah yang baik adalah yang memiliki wibawa dan jarang tersenyum



No

 

PERNYATAAN

ALTERNATIF JAWABAN
YA
TIDAK

24


25


26


27


28


29


30


Kepala madrasah membiarkan para guru merumuskan sendiri  arah dan tujuan pendidikan di madrasah

Kepala madrasah tidak pernah memaksakan perintahnya untuk dipatuhi

Kepala madrasah terlalu banyak memberi petunjuk kepada guru dalam mencapai visi, misi dan tujuan madrasah

Kepala madrasah selalu menggunakan peraturan dalam setiap tindakan tanpa kompromi

Kepala madrasah mempercayakan penyelesaiaan tugas-tugas pada tanggungjawab pribadi guru

Kepala madrasah mengawasi kegiatan guru secara ketat dan rutin

Kepala madrasah tidak mau tahu urusan dan tugas-tugas guru, yang penting hasil akhir beres





MENURUT ANDA, BAGAIMANA MEMANAGE ORGANISASI YANG BAIK ITU?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

KUNCI JAWABAN:

NO
YA
TIDAK
SKOR

NO
YA
TIDAK
SKOR
1
1
0


16
1
0

2
1
0


17
0
1

3
0
1


18
1
0

4
1
0


19
1
0

5
0
1


20
1
0

6
1
0


21
0
1

7
1
0


22
1
0

8
1
0


23
0
1










9
1
0


24
0
1

10
1
0


25
0
1

11
1
0


26
1
0

12
0
1


27
1
0

13
1
0


28
0
1

14
0
1


29
1
0

15
0
1


30
1
0











JUMLAHKAN JAWABAN NO 1 – 8, 9 – 15, 16 – 23, DAN 24 – 30
BUATLAH PROSENTASE : JUMLAH YANG DIPEROLEH/NILAI MAKSIMAL X 100

MANAKAH DIANTARA 4 KELOMPOK TERSEBUT YANG NILAINYA TERBESAR?
1 – 8    : TIPE VISIONER
Pemimpin jenis ini diyakini merupakan tipe pemimpin yang lebih efektif dibanding yang lainnya. tipe pemimpin ini mampu mengartikulasikan suatu tujuan yang baginya merupakan tujuan yang sejati dan selaras dengan nilai bersama dengan orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin jenis ini terbuka kepada bawahannya dengan membagikan berbagai informasi serta pengetahuan, sehingga orang-orang yang berada di semua tingkat perusahaan merasa dilibatkan dan mampu membuat keputusan yang terbaik. Pemimpin visioner meyakini bahwa informasi adalah langkah awal menuju sukses sehingga mereka secara terbuka akan berbagi informasi itulah sebabnya menurut penelitian James (1999) tipe pemimpin ini disebut sebagai pemimpin yang sangat aktif dan exspressive. Mengerti masalah dari sudut pandang orang lain merupakan ciri yang utama yang dimiliki oleh pemimpin visioner karena itulah maka pemimpin visioner seringkali dapat menyelesaikan berbagai permasalahan di berbagai situasi dengan cepat. Meskipun gaya "kepemimpinan"ini cukup  memiliki daya kuat, namun tidak selalu cocok digunakan dalam setiap situasi, karena akan selalu ada beberapa pihak yang memandang pemimpin ini terlalu idealis dan terkadang gaya kepemimpinan ini tidak cocok diterapkan untuk banyak pekerjaan yang sifatnya kelompok.

9 – 15  : TIPE DEMOKRATIS
Mendengarkan adalah kekuatan kunci dari pemimpin jenis ini. Mereka selalu bertindak dan berprilaku ingin menjadi pendengar yang baik terhadap bawahannya, karena mereka memang peduli kepada bawahannya, dia juga adalah jenis pemimpin yang kolaboratif, artinya dapat bekerja sebagai anggota kelompok, tetapi juga dapat menjadi pemimpin teratas dalam kelompok. Dan dia juga mampu meredakan konflik dan membangun harmonisasi dalam kelompok kembali.

16 – 23  : TIPE PEMBIMBING/AFILIASI
Pemimpin jenis ini sangat menghargai perasaan-perasaan orang-orang yang bekerja untuk dia, karena dia tidak menekankan pada hasil atau pencapaian tujuan , tetapi lebih pada kebutuhan emosi para karyawannya. Gaya ini sangat cocok sekali bagi perusahaan yang memiliki iklim kelompok. Ciri dari pemimpin ini adalah menyenangi kerjasama, lunak, harmonis, humoris, interaksi yang ramah, membangun relasi yang baik dengan orang yang dipimpinnya. Oleh karena itu jenis pemimpin ini sangat menghargai waktu-waktu senggang, karena dengan begitu dia dapat melakukan pendekatan dengan bawahan untuk membantu mereka melewati masa-masa sibuk nantinya.empati sangat dikedepankan olehnya karena ia ingin peduli pada karyawannya secara keseluruhan bukan hanya berdasarkan tanggung jawab tugas. Karena gaya pemimpin ini kelihatannya baik sekali terhadap karyawan, maka lebih baik gaya ,"kepemimpinan"ini tidak disarankan digunakan sendiri karena dikhawatirkan akan membuat bawahan berpikir bahwa setiap kesalahan yang mereka buat akan selalu ditoleransi oleh jenis pemimpin seperti ini.

24 – 30  : TIPE OTORITER
Gaya memimpin seperti ini kadang disebut sebagai gaya intimidasi, pemimpin seperti ini, sangat menuntut bawahannya patuh pada perintahnya secara langsung, tanpa menjelaskan apa alasannya ingin bawahannya mendengarkan perintahanya tersebut. Dia selalu ingin memantau dan mengontrol setiap situasi sebisanya. Walaupun kadang dia memberikan umpan balik, umpan balik kadang hanya terfokus pada kesalahan bukan pada hal-hal baik yang telah dilakukan, maka dari itu tidak heran bila jenis,"kepemimpinan"yang ini seringkali dianggap tidak efektif dan tidak pro rakyat. Karena sikap jarang memujinya tersebut yang membuat karyawan menjadi patah semangat, sehinga berpengaruh pada kinerjanya. Walaupun seringkali pemimpin ini merasa berhasil mencapai tujuan organisasi, namun dia tidak menyadari bahwa pencapaiannya tidak dikerjakan sendiri oleh seorang pemimpin, melainkan hasil interaksi antara bawahan dan atasan dapat membantu tercapainya suatu tujuan organisasi.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.

 
Obat Sipilis Obat Raja Singa Obat Kencing Nanah Obat Gonore Obat Herpes Obat Kutil Kelamin Obat Jengger Ayam Obat Kondiloma Akuminata Obat ketuat kemaluan Obat panu Kadas kudis Obat Gatal dan Eksim Obat Kewanitaan Obat Keputihan Obat Perapet Vagina obat Wasir obat Ambeien obat Ambejoss Obat Kanker Herbal obat kutil kelamin Ciri gejala Sipilis Obat Sipilis Obat Sipilis Herbal Obat sipilis cepat instan cara pesan Obat denature Obat penyakit kelamin nama Obat Sipilis Obat Sipilis gang jie dan gho siah Obat Sipilis tradisional alami Obat Sipilis ampuh dan mujarab cara mengobati kutil kelamin Obat Sipilis raja singa cara mengobati sipilis secara tradisional alami Obat kelamin keluar nanah cara mengobati penyakit sipilis cara mengatasi penyakit sipilis cara mengatasi penyakit sipilis cara menghilangkan penyakit sipilis Obat kencing nanah nama obat penyakit sipilis nama Obat Sipilis di apotik Penyakit kelamin penjelasan dan cara pengobatanya Cara mengobati kutil kelamin Cara menghilangkan kutil di kelamin benjolan gatal keras di kelamin tanda gejala dan ciri sipilis Obat Sipilis di apotik de nature pengertian sifilis dan cara pengobatannya Obat Kencing Nanah Obat Kutil Kelamin cara mengatasi kutil kelamin pada wanita cara mengatasi kutil kelamin pada pria de nature ciri gejala sipilis pada pria-dan wanita Pengertian herpes dan cara pengobatannya Tongkat Vagina Seper Cara menghilangkan keputihan cara mengatasi gatal dan bau di vagina Obat Wasir ambejoss salep salwa salep wasir obat Wasir obat ambeien Wasir ambeien wasir Exsternal obat wasir luar wasir Internal obat wasir dalam wasir atau ambeien obat wasir di apotik obat Wasir ambeien obat wasir tanpa operasi Obat Kanker Obat Kanker Herbal Obat Kanker Payudara Obat Kanker Serviks Obat Kanker tumor Obat Alternatif Kanker Cara Mengobati Penyakit Kanker obat kutil kelamin tumbuh kutil pada kelamin kutil di kelamin penyakit kutil kelamin obat kutil kelamin kutil kelamin pada pria kutil kelamin pada wanita Gejala kutil kelamin penyebab kutil kelamin ciri kutil kelamin gambar kutil kelamin cara mengobati kutil di kelamin cara menyembuhkan kutil di kelamin cara mengatasi kutil di kelamin cara merontokan kutil di kelamin obat anjuran dokter Harga obat sipilis obat sipilis herbal Obat Penyakit Sipilis obat sipilis di apotik Obat Sipilis Obat Penyakit Sipilis Obat Sipilis Mujarab Obat Sipilis Manjur Obat Sipilis Ampuh obat sipilis alami obat sipilis Tradisional Cara Mengobati Penyakit Sipilis secara Alami Cara Mengatasi Penyakit Sipilis dengan obat tradisional Cara Mengobati Penyakit Sipilis secara tradisional alami Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis obat sipilis tradisional Cara Mengobati Sipilis secara tradisional Cara Menyembuhkan Sipilis secara alami tumbuh kutil pada kelamin kutil kelamin kutil pada kelamin penyakit kutil kelamin obat kutil kelamin kutil kelamin pada pria kutil kelamin pada wanita Gejala kutil kelamin penyebab kutil kelamin ciri kutil kelamin gambar kutil kelamin cara mengobati kutil di kelamin cara menyebuhkan kutil di kelamin cara merontokan kutil di kelamin Ambejoss dan Salep Salwa penyakit wasir obat wasir di apotik wasir sembuh tanpa operasi pengobatan pasca operasi ambeien obatwasir.com obat Wasir Ampuh obat Wasir Mujarab salep salwa (salep wasir) pengobatan wasir secara alami harga obat wasir ampuh ambeclear obat wasir luar obat wasir apotik obat Wasir ambeien obat Wasir alami obat Wasir herbal obat Wasir tradisional obat Wasir Manjur obat Wasir paling Ampuh obat Wasir paling Mujarab obat Wasir Anjuran Dokter Harga obat Wasir nama obat obat Wasir ambeien gambar Penyakit Wasir BAB Terasa sakit dan Berdarah Gejala Wasir ambeien penyebab Wasir ambeien ciri ciri ambeien Cara Mengobati Wasir Cara Mengobati Penyakit Wasir Cara Mengatasi Ambeien Cara Mengobati Penyakit Wasir ambeien Cara Mengatasi Penyakit Ambeien Cara Mengatasi Penyakit Wasir ambeien Cara Menyembuhkan Wasir ambeien Cara menyembuhkan Penyakit Wasir cara menghilangkan benjolan wasir cara Membuang benjolan wasir cara mErontokan benjolan wasir