ANGKET POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH
A. Petunjuk
Mengerjakan
1. Berilah tanda
( Ö ) pada
salah satu alternatif jawaban yang tertera di kolom di sebelah kanan dari setiap pernyataan.
2. Kolom terdiri
dari 2 (dua) pilihan yaitu YA dan TIDAK
B.
Item Angket
No
|
PERNYATAAN
|
ALTERNATIF JAWABAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1.
2
3
4
5
6.
7
8
|
Kepala madrasah menetapkan standar dan prosedur
kerja secara rinci dan seragam
Kepala madrasah mengharuskan guru dapat
menyelesaikan tugas sesuai target waktu yang ditetapkan
Kepala madrasah
memberikan toleransi bagi guru yang menga-baikan tugas pokok di madrasah
Kepala madrasah mendorong guru agar berprestasi
Kepala madrasah
beranggapan semua guru sudah tahu kewa-jiban
masing-masing tanpa pengarahan.
Kepala madrasah mengharuskan guru dapat mencapai
perolehan angka kredit
secara maksimal
Kepala madrasah mengharapkan guru dapat naik
jabatan fungsi-onal tepat waktu
Kepala madrasah
kurang tertarik terhadap kelompok kerja guru
|
|
|
No.
|
PERNYATAAN
|
ALTERNATIF
JAWABAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
9
10
11
12
13
14.
15
16
17
18
19
20
21
22
23
|
Kepala madrasah
berasumsi bahwa semua guru mempunyai ke-mampuan yang sama
Kepala madrasah
melakukan analisis konteks dalam menetapkan tujuan madrasah
Kepala madrasah
mempercayakan tugas-tugas madrasah pada ke-lompok kerja guru
Kepala madrasah mengabaikan
keterlibatan peran komite dalam merumuskan tujuan madrasah
Kepala madrasah memberikan tugas berdasarkan
kemampuan dan kewenangan guru
Kepala madrasah jarang mendelegasikan tugas
kepada wakil kepala madrasah/guru
Kepala madrasah kurang yakin
terhadap kemampuan guru
Kepala madrasah
mengijinkan guru menempuh pendidikan lan-jutan
Kepala madrasah mempersulit ijin
tugas belajar bagi guru
Kepala madrasah hanya memberikan gambaran umum
untuk mengarahkan para guru dalam melaksanakan tugas,
untuk detail diserahkan pada guru masing-masing
Kepala madrasah
membiarkan para guru mengambil inisiatif dalam pelaksanaan tugas
Kepala madrasah
mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan perasaan semua pihak
Kepala madrasah mengambil keputusan secara cepat tanpa
memperdulikan saran dan pendapat guru
Kepala madrasah memiliki
toleransi tinggi dalam semua hal
Kepala
madrasah yang baik adalah yang memiliki wibawa dan jarang tersenyum
|
|
|
No
|
PERNYATAAN
|
ALTERNATIF JAWABAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
24
25
26
27
28
29
30
|
Kepala madrasah membiarkan para guru merumuskan sendiri arah dan tujuan pendidikan di madrasah
Kepala
madrasah tidak pernah memaksakan perintahnya
untuk dipatuhi
Kepala madrasah terlalu banyak memberi petunjuk
kepada guru dalam mencapai visi, misi dan tujuan madrasah
Kepala madrasah
selalu menggunakan peraturan dalam setiap tindakan tanpa kompromi
Kepala madrasah mempercayakan penyelesaiaan
tugas-tugas pada tanggungjawab pribadi guru
Kepala madrasah mengawasi kegiatan
guru secara ketat dan rutin
Kepala madrasah
tidak mau tahu urusan dan tugas-tugas
guru, yang penting hasil akhir beres
|
|
|
MENURUT ANDA, BAGAIMANA
MEMANAGE ORGANISASI YANG BAIK ITU?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
KUNCI JAWABAN:
NO
|
YA
|
TIDAK
|
SKOR
|
|
NO
|
YA
|
TIDAK
|
SKOR
|
1
|
1
|
0
|
|
|
16
|
1
|
0
|
|
2
|
1
|
0
|
|
|
17
|
0
|
1
|
|
3
|
0
|
1
|
|
|
18
|
1
|
0
|
|
4
|
1
|
0
|
|
|
19
|
1
|
0
|
|
5
|
0
|
1
|
|
|
20
|
1
|
0
|
|
6
|
1
|
0
|
|
|
21
|
0
|
1
|
|
7
|
1
|
0
|
|
|
22
|
1
|
0
|
|
8
|
1
|
0
|
|
|
23
|
0
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
1
|
0
|
|
|
24
|
0
|
1
|
|
10
|
1
|
0
|
|
|
25
|
0
|
1
|
|
11
|
1
|
0
|
|
|
26
|
1
|
0
|
|
12
|
0
|
1
|
|
|
27
|
1
|
0
|
|
13
|
1
|
0
|
|
|
28
|
0
|
1
|
|
14
|
0
|
1
|
|
|
29
|
1
|
0
|
|
15
|
0
|
1
|
|
|
30
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAHKAN JAWABAN NO 1 – 8, 9 – 15, 16 –
23, DAN 24 – 30
BUATLAH PROSENTASE : JUMLAH YANG
DIPEROLEH/NILAI MAKSIMAL X 100
MANAKAH DIANTARA 4 KELOMPOK TERSEBUT YANG
NILAINYA TERBESAR?
1 – 8 :
TIPE VISIONER
Pemimpin jenis ini
diyakini merupakan tipe pemimpin yang lebih efektif dibanding yang lainnya.
tipe pemimpin ini mampu mengartikulasikan suatu tujuan yang baginya merupakan
tujuan yang sejati dan selaras dengan nilai bersama dengan orang-orang yang
dipimpinnya. Pemimpin jenis ini terbuka kepada bawahannya dengan membagikan
berbagai informasi serta pengetahuan, sehingga orang-orang yang berada di semua
tingkat perusahaan merasa dilibatkan dan mampu membuat keputusan yang terbaik. Pemimpin visioner
meyakini bahwa informasi adalah langkah awal menuju sukses sehingga mereka
secara terbuka akan berbagi informasi itulah sebabnya menurut penelitian James
(1999) tipe pemimpin ini disebut sebagai pemimpin yang sangat aktif dan
exspressive. Mengerti masalah dari sudut pandang orang lain merupakan ciri yang
utama yang dimiliki oleh pemimpin visioner karena itulah maka pemimpin visioner
seringkali dapat menyelesaikan berbagai permasalahan di berbagai situasi dengan cepat. Meskipun gaya
"kepemimpinan"ini cukup
memiliki daya kuat, namun tidak selalu cocok digunakan dalam setiap
situasi, karena akan selalu ada beberapa pihak yang memandang pemimpin ini terlalu idealis dan
terkadang gaya kepemimpinan ini
tidak cocok diterapkan untuk banyak pekerjaan yang sifatnya kelompok.
9 –
15 : TIPE DEMOKRATIS
Mendengarkan adalah
kekuatan kunci dari pemimpin jenis ini. Mereka selalu bertindak dan berprilaku
ingin menjadi pendengar yang baik terhadap bawahannya, karena mereka memang
peduli kepada bawahannya, dia juga adalah jenis pemimpin yang kolaboratif,
artinya dapat bekerja sebagai anggota kelompok, tetapi juga dapat menjadi
pemimpin teratas dalam kelompok. Dan dia juga mampu meredakan konflik dan
membangun harmonisasi dalam kelompok kembali.
16 –
23 : TIPE PEMBIMBING/AFILIASI
Pemimpin jenis ini sangat
menghargai perasaan-perasaan orang-orang yang bekerja untuk dia, karena dia
tidak menekankan pada hasil atau pencapaian tujuan , tetapi lebih pada
kebutuhan emosi para karyawannya. Gaya ini sangat cocok sekali bagi perusahaan
yang memiliki iklim kelompok. Ciri dari pemimpin ini adalah menyenangi
kerjasama, lunak, harmonis, humoris, interaksi yang ramah, membangun relasi yang baik dengan
orang yang dipimpinnya. Oleh karena itu jenis pemimpin ini sangat menghargai
waktu-waktu senggang, karena dengan begitu dia dapat melakukan pendekatan
dengan bawahan untuk membantu mereka melewati masa-masa sibuk nantinya.empati
sangat dikedepankan olehnya karena ia ingin peduli pada karyawannya secara
keseluruhan bukan hanya berdasarkan tanggung jawab tugas. Karena gaya pemimpin
ini kelihatannya baik sekali terhadap karyawan, maka lebih baik gaya
,"kepemimpinan"ini tidak disarankan digunakan sendiri karena
dikhawatirkan akan membuat bawahan berpikir bahwa setiap kesalahan yang mereka
buat akan selalu ditoleransi oleh jenis pemimpin seperti ini.
24 –
30 : TIPE OTORITER
Gaya memimpin seperti ini
kadang disebut sebagai gaya intimidasi, pemimpin seperti ini, sangat menuntut
bawahannya patuh pada perintahnya secara langsung, tanpa menjelaskan apa
alasannya ingin bawahannya mendengarkan perintahanya tersebut. Dia selalu ingin
memantau dan mengontrol setiap situasi sebisanya. Walaupun kadang dia
memberikan umpan balik, umpan balik kadang hanya terfokus pada kesalahan bukan pada hal-hal baik yang
telah dilakukan, maka dari itu tidak heran bila jenis,"kepemimpinan"yang ini seringkali dianggap tidak efektif dan tidak pro rakyat. Karena sikap jarang memujinya tersebut yang
membuat karyawan menjadi patah semangat, sehinga berpengaruh pada kinerjanya.
Walaupun seringkali pemimpin ini merasa berhasil mencapai tujuan organisasi,
namun
dia tidak menyadari bahwa pencapaiannya tidak dikerjakan sendiri
oleh seorang pemimpin, melainkan hasil interaksi antara bawahan dan atasan
dapat membantu tercapainya suatu tujuan organisasi.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.